Wednesday, November 21, 2012

Tentang Google Inc., Yahoo!, search engine, dan browser internet.

Google Inc. merupakan sebuah perusahaan publik Amerika Serikat, berperan dalam pencarian Internet,Cloud Computing, serta teknologi iklan online & perangkat lunak. Keuntungan dari AdWords merupakan hampir seluruh keuntungan perusahaan ini.
Google didirikan oleh Larry Page dan Sergey Brin ketika mereka masih mahasiswa di Universitas Stanford. Mereka berdua memiliki saham pada perusahaan sebesar 16 persen. Pada awalnya, perusahaan ini dibentuk sebagai perusahaan saham pribadi pada 4 September 1998. Penawaran umum perdananya dimulai pada tanggal 19 Agustus 2004. Sejak awal, misi dari perusahaan ini adalah "To organize world's Information and make it universally accessible and useful" (Untuk mengatur seluruh informasi di dunia dan membuatnya bisa diakses dan berguna bagi semua orang), dan slogan tidak resminya adalah "Don't Be Evil" (Janganlah menjadi jahat). Tahun 2006 perusahaan ini melakukan perpindahan markas ke Mountain View, California.
Perkembangan sejak perusahaan ini dibuka telah mencetuskan berbagai macam produk, Merger, dan persekutuan dibalik mesin pencari perusahaan ini. Perusahaan ini menawarkan perangkat lunak produktivitas online diantaranya email, paket aplikasi perkantoran, dan situs jejaring sosial. Produk Google juga diperluas ke komputer pribadi, dengan aplikasi untuk menjelajah web, mengatur & menyunting foto, and pesan instan. Google memimpin perkembangan dari Android, sistem operasi mobile, juga Google Chrome OS sistem operasi berbasis web, yang ditemukan pada netbook khusus yang dinamakan Chromebook.
Google telah diperkirakan sudah menjalankan satu juta server di pusat data di seluruh dunia, dan telah memproses lebih dari satu milyar pencarian]dan sekitar dua puluh empat petabyte data dari pengguna setiap hari.
Per September 2009, Alexa menyamtumkan situs utama Google.com (yang terfokus pada Amerika Serikat) sebagai website yang paling banyak dikunjungi di Internet, dan website Google Internasional lainnya di seratus teratas, juga website-website yang dimiliki Google seperti YouTube,Blogger and Orkut. Google juga di peringkat nomor dua di database brand equity, BrandZ. Posisi pasar yang dominan dari lanan Google berperan sebagai sumber kritik pada perusahaan ini dari masalah privasi, hak cipta, dan sensor.
Yahoo! Inc. adalah sebuah perusahaan Internet multinasional yang berpusat di Sunnyvale, California, Amerika Serikat. Perusahaan ini terkenal karena portal webnya, serta mesin pencari (Yahoo! Search), Yahoo! Directory, Yahoo! Mail, Yahoo! News, Yahoo! Finance,Yahoo! Groups, Yahoo! Answers, situs dan layanan periklanan, peta daring, berbagi video, olahraga fantasi dan media sosialnya. Yahoo! adalah salah satu situs web terbesar di Amerika Serikat. Menurut sumber berita, sekitar 700 juta orang mengunjungi situs-situs Yahoo! setiap bulannya. Yahoo! sendiri mengklaim bahwa mereka berhasil menarik "lebih dari setengah miliar pengunjung setiap bulannya ke situs-situsnya yang memiliki 30 bahasa."
Yahoo! Inc. didirikan oleh Jerry Yang dan David Filo pada bulan Januari 1994 dan dibentuk pada 1 Maret 1995. Pada tanggal 16 Juli 2012, mantan eksekutif Google, Marissa Mayer, ditunjuk sebagai CEO dan Presiden Yahoo!, efektif 17 Juli 2012. Yahoo telah mengangkat satu CEO setiap tahun selama lima tahun terakhir.


Beberapa Browser buatan Indonesia:
Lightning Web Browser, Adalah Sebuah Perambaan Web Yang Dibuat Oleh Anak Indonesia Mengunakan Base Webkit + IE. Dilengkapi Dengan Mesin Render V12 ( Javascript + Html + CSS ) Dan dan Multicore System akan memberikan sensasi berinternet cepat.
Praken Surf Web Browser adalah salah satu browser buatan anak bangsa yang cukup diakui oleh dunia Internasional. Browser ini merupakan buatan dua orang muda Indonesia yang pada awalnya hanya iseng. Mereka mencari tahu tentang cara-cara pembuatan browser melalu browsing di Google dan Youtube. Nama Praken diambil dari akronim kedua orang pembuatnya, Pratama dan Kenly. Praken Surf telah mendapat banyak penghargaan dunia.
Browser ini berbasis sourcecode Firefox. Dengan tampilannya yang apik dan tidak membosankan, browser buatan anak negeri ini memiliki kemampuan yang lebih dari Firefox. Salah satunya adalah kecepatan load page yang super cepat.

 Tiger Browser dirilis pada tanggal 3 April 2011. Dengan versi pertamanya yaitu versi 1.0. Selain itu, browser ini cepat dengan template yang simpel.

Salah satu keunggulan browser BlackCat menurut adalah tampilan antarmuka atau UI-nya yang warna-warni, sesuai dengan tema untuk usia remaja. Browser BlackCat menurut baru bisa digunakan hanya untuk PC, belum untuk mobile.

Web Browser Berbasis Teks
Terdapat cukup banyak web browser berbasis teks yang dapat ditemukan di dunia Linux. Berikut ini adalah beberapa diantaranya:
o    Lynx (http://lynx.isc.org/), salah satu web browser yang cukup kaya fitur dan populer di dunia Linux.
o    Links (http://links.sourceforge.net/), browser berbasis teks yang mampu menampilkan tabel dan frame. User interface-nya cukup nyaman digunakan. Saat ini, tidak dikembangkan lagi secara aktif.
o    Elinks (http://www.elinks.cz), web browser berbasis teks yang dikembangkan awalnya sebagai experimental fork dari Links. Saat ini, Elinks termasuk sangat aktif dikembangkan, kaya fitur dan sangat populer.
o    W3m (http://w3m.sourceforge.net/), web browser berbasis teks yang cukup kaya fitur. Mendukung tabel, frame, SSL dan masih banyak lainnya.
o    Retawq (http://retawq.sourceforge.net/), web browser yang lumayan menarik dan cukup kecil.

6 Search engine buatan Indonesia:
1. NOWGOOGLE.com

Namanya adalah nowGoogle, ini adalah seacrh engine atau mesin pencarian buatan anak negeri. Konsepnya adalah multiple search engine, dimana nowGoogle menyatukan 10 mesin pencarian seperti Google, Yahoo, Bing, dkk dalam satu search engine. Dengan begitu, nowGoogle.com lebih memudahkan netter atau blogger untuk melakukan pencarian tanpa harus repot membuka banyak tab baru.
2. UPDATEBANGET.com

UpdateBanget merupakan mesin pencari. Pengembang UpdateBanget mendesain UpdateBanget untuk melayani pencarian data yang sesuai dengan kebutuhan pengguna lokal.
Sebagai tahapan pertama, UpdateBanget tampil dengan fitur terbatas pada pencarian berita. UpdateBanget mengindeks semua situs berita di Indonesia, baik dengan lingkup nasional atau lokal. Pengguna bisa mendapatkan berita hasil pencarian berdasarkan kata kunci yang diinginkan, terurut berdasarkan kekinian.
3. FINDTOYOU.com

Findtoyou.com merupakan salah satu mesin pencarian yang hadir untuk penggunanya dengan konsep lebih spesifik dan praktis. Findtoyou memberikan pilihan kepada user dalam hal pencarian data seperti untuk Music, Video, Images, Software, Ebook, Document, Powerpoint, Excel, File Sharing, Torrent dan Social Networking secara langsung dihalaman depan website tersebut.
Keunikan dari Search Engine Findtoyou adalah dapat mengklasifikasikan pencarian, sehingga user dapat mudah memilih jenis File yang ingin dicari, berbeda dengan search engine sejenisnya yang hanya mampu mencari 1 atau 2 file.
4. BATAVIASE.com

Search engine yang satu ini malah mirip dengan suatu forum. Berisi artikel artikel yang dicomot dari beberapa web koran juga. Menurut ane ini search engine untuk orang yang suka baca berita-berita terkini. Searchnya pun bisa milih mau cari apa

http://bataviase.co.id/

5. GRUIL.com

Search engine layaknya google tapi masih dalam tahap beta (pengerjaan) namun gruil sudah dapat di gunakan.menrut pembuat gruil,web nya gruil jauh lebih cepat dan hasil data yang akurat. backgroundnya yang ceria bikin searching jadi berwarna
http://www.gruil.com/

6. FJBEX.com
FJBex adalah search engine terlengkap untuk berbelanja di Indonesia. Dengan mengindex belasan forum jual beli terbesar di Indonesia dan selalu di update setiap menit, FJBex memberikan hasil pencarian yang lebih baik dari search engine lainnya. 


No comments:

Post a Comment