Wednesday, November 14, 2012

Cara-cara Mengakses Internet dan Macam-macam Modem



CARA MENGAKSES INTERNET

Ada beberapa cara yang bisa kita pakai untuk mengakses internet, di antaranya Dial-Up, Leased Line, dan lain-lain. Di sini, saya akan membahas beberapa dari cara-cara tersebut.


1.Dial-Up
Secara harfiah, Dial-Up berarti memanggil. Pada metode ini, kita mengakses internet dengan menggunakan panggilan pada jalur telepon. Jalur telepon digunakan untuk menghubungkan computer dengan internet, dan hanya itu. Karena itu, jika kita menggunakan koneksi Dial-Up, telepon kita tidak bias digunakan untuk menghubungi telepon lain.salah satu perangkat keras yang digunakan dalam Dial-Up adalah Modem Dial-Up.
Ada beberapa langkah yang harus dilakukan saat menggunakan metode Dial-Up:
a. Melakukan panggilan (dial) ke suatu nomor
b. Memasukkan password
Akses internet dapat  diputus dengan perintah disconnect



2.Leased Line
Leased Line adalah jalur telepon yang dikhususkan untuk jalur internet. Cara ini adalah hubungan yang tetap karena bias membuat kita terhubung ke ISP dan memberikan akses internet 24 jam sehari.
Leased line berbeda dengan Dial-Up, karena kita tidak perlu memanggil nomor telepon ketika ingin terhubung dengan internet. Selain itu, kita juga tidak perlu melakukan disconnect untuk memutuskan hubungan.
Kecepatan akses internet dengan cara leased line dapat diatur mulai dari 32 kbps, 64 kbps, 128 kbps dan seterusnya. Namun, semakin beasr kecepatan akses,semakin besar pula biaya yang harus dikeluarkan.Leased line basa digunakan untuk kebutuhan internet secara  terus-menerus. Jaringan ini biasa disebut juga private line.


3.Jaringan Tanpa Kabel (Wireless)
Sesuai namanya, koneksi ini tidak menggunakan perantara kabel,tapi menggunakan gelombang radio.Istilah tanpa kabel biasa disebut nirkabel.Gelombang yang umum digunakan di Indonesia terdapat pada frekuensi 2,4 GHz dan 5,6 GHz. Metode ini mampu menyediakan akses internet dengan kecepatan 11-54 Mbps.Metode ini biasa digunakan di tempat yang susah dipasangi kabel.
Dalam metode ini, digunakan alat pemancar.Alat ini berguna untuk menerima gelombang data jaringan internet.Tanpa alat ini, computer tidak bias mengakses internet.
Cuaca sangat berpengaruh pada keefektifitasan metode ini.Sebagai contoh, jika cuaca cerah koneksi lancar, jika sedang hujan koneksi buruk.



4.Telepon seluler
Sekarang, kita bisa mengakses internet melalui HP kita.Artinya,kita dapat melihat suatu website melalui layar HP kita.
Misal kita menggunakan HP jenis Global System for Mobile Communications(GSM) untuk mengakses internet.Terlebih dahulu kita harus mengaktifkan  General Packet Radio Service (GPRS) kartu seluler kita.Setelah itu,kita dapat mengakses internet melalui perangkat lunak di HP.
Beberapa jenis HP dapat  digunakan sebagai modem.Komputer yang kita gunakan harus memiliki port data yang dapat menghubungkan computer dan HP. Port data dan HP dapat dihubungkan menggunakan kabel data, Infrared, atau Bluetooth.
Sebagai modem, HP berfungsi untuk memancarkan sinyal.Sinyal tersebut akan diterima perangkat gateway yang dimiliki ISP. Perangkat gateway tersebut berfungsi untuk menjembatani sinyal pada jaringan ponsel ke jaringan internet.


MACAM-MACAM MODEM

Modem berasal dari singkatan MOdulator DEModulator. Modulator merupakan bagian yang mengubah sinyal informasi kedalam sinyal pembawa (Carrier) dan siap untuk dikirimkan, sedangkan Demodulator adalah bagian yang memisahkan sinyal informasi (yang berisi data atau pesan) dari sinyal pembawa (carrier) yang diterima sehingga informasi tersebut dapat diterima dengan baik. Modem merupakan penggabungan kedua-duanya, artinya modem adalah alat komunikasi dua arah.
§  Modem Dial Up ( Internal/Eksternal/Cable Modem/Modem ADSL)
Modem berfungsi untuk mengubah gelombang analog menjadi sinyal digital menjadi gelombang analog dari kabel telepon sehingga komputer dapat terkoneksi dengan internet.
Modem dial Up biasa digunakan oleh Personal Computer (PC) yang langsung dihubungkan melalui saluran telpon. Jenis modem dial up ada dua macam yaitu:

1) Modem Internet
Modem Internet merupakan modem yang dipasang dalam komputer terutama pada slot ekspansi yang tersedia dalam mainboard komputer. Rata-rata kecepatan modem internal untuk melakukan download adalah 56 Kbps.
§  2) Modem Eksternal
Modem eksternal merupakan modem yang letaknya diluar CPU komputer. Modem eksternal dihubungkan ke komputer melalui port com atau USB. Pemasangan modem ini adalah dengan cara menghubungkan modem ke power dan menghubungkannya lagi ke adaptor lalu disambungkan
§  Modem Kabel (Cable Modem)
Modem Kabel (Cable Modem), adalah perangkat keras yang menyambungkan PC dengan sambungan TV kabel. Jaringan TV kabel ini dapat dipakai untuk koneksi ke internet dengan kecepatan lebih tinggi dibandingkan dengan modem dialup atau modem ADSL, kecepatan modem kabel maksimum 27Mbps downstream (kecepatan download ke pengguna) dan 2,5Mbps upstream (kecepatan upload dari pengguna).
Sebelum dapat terkoneksi dengan internet, maka pengguna diharuskan untuk melakukan pendaftaran kepada penyedia jasa TV kabel dan ISP (internet Service Provider).
§  Modem ADSL (Asymmetric Digital Subscriber line)
ADSL atau Asymmetric Digital Subscriber Line adalah salah satu bentuk dari teknologi DSL. Ciri khas ADSL adalah sifatnya yang asimetrik, yaitu bahwa data ditransferkan dalam kecepatan yang berbeda dari satu sisi ke sisi yang lain.
Ide utama teknologi ADSL adalah untuk memecah sinyal line telpon menjadi dua bagian untuk suara dan data. Hal ini memungkinkan pengguna untuk melakuakn atau meneima panggilan telpon dan melakukan koneksi internet secara simultan tanpa saling menggangu.

No comments:

Post a Comment

Post a Comment